Logam merupakan salah satu penghantar listrik yang baik. Tak heran jika kemudian logam digunakan dalam bahan-bahan penghantar listrik salah satunya adalah kabel. Ada banyak logam yang dapat menghantarkan listrik, mungkin yang biasa kita kenal adalah tembaga.

Namun, selain tembaga masih ada banyak logam yang dapat digunakan untuk menjadi penghantar listrik. Logam-logam tersebut akan dibahas lebih lanjut di bawah ini. Mari simak selengkapnya ada logam apa saja yang dapat menghantarkan listrik dengan baik.

Daftar Logam Penghantar Listrik

Logam dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah untuk menghantarkan listrik. Ada banyak jasa instalasi listrik yang memilih menggunakan komponen-komponen logam dalam alat-alat yang digunakannya. Akan tetapi sebenarnya logam apa saja yang mampu menghantarkan listrik dengan baik? Berikut beberapa di antaranya.

1. Tembaga

Logam pertama yang biasa digunakan untuk menghantarkan listrik adalah tembaga. Kehadiran logam ini banyak ditemukan di dalam kabel untuk menghantarkan listrik. Selain memiliki kemampuan sebagai konduktor listrik ia juga hadir sebagai konduktor panas.

Logam dengan lambang Cu ini sayangnya memiliki kelemahan, yaitu ia mudah terkena korosi. Padahal kehadiran tembaga menjadi salah satu komponen umum yang biasa digunakan untuk menghantarkan listrik saat ini.

2. Alumunium

Siapa tak kenal alumunium? Ia menjadi salah satu logam yang dapat menghantarkan listrik selanjutnya. Selain menghantarkan listrik, ia juga menjadi salah satu logam yang mampu menghantarkan panas.

Selama ini mungkin banyak yang mengenal almunium sebagai bahan untuk alat masak karena kemudahannya menghantarkan panas. Akan tetapi siapa sangka jika ternyata banyak juga yang membentuk almunium serupa kawat dan kemudian digunakan untuk menghantarkan panas.

Almunium banyak digunakan oleh kontraktor listrik karena memiliki beragam kelebihan antara lain adalah bahannya yang ringan. Selain itu alumunium dinilai mudah untuk dipindahkan dan dibentuk. Meskipun pada kasus tertentu kabel yang menggunakan alumunium tetap diberikan tambahan kabel baja untuk memastikan daya hantar yang diperoleh maksimal.

3. Seng

Ada banyak jasa instalasi listrik yang menggunakan seng sebagai salah satu bahan untuk peralatan yang digunakanya. Hal ini bukan tanpa alasan melainkan karena seng dianggap sebagai salah satu logam yang baik untuk menghantarkan listrik.

Selain mudah untuk menghantarkan listrik ia juga dapat memiliki kemudahan untuk dibentuk. Pembuatan seng juga tidak membutuhkan waktu lama. Ada berbagai jenis seng yang biasa hadir di pasaran, mulai dari yang berbentuk kawat sampai dengan gelombang. Tak jarang juga yang kemudian hadir dalam bentuk plat.

4. Platina

Dalam unsur di golongan 10 terdapat sebuah unsur bernama platina. Ia merupakan salah satu unsur yang langka di dalam kerak bumi. Tiap tahun ia hanya mampu memproduksi hingga mencapai ratusan ton.

Kehadiran platina ini rupanya memberika banyak manfaat. Salah satunya dalah untuk menjadi media konduktor listrik. Hal ini membuatnya hadir di beberapa peralatan listrik, meskipun sedikit yang menggunakannya karena harga mahal yang dimiliki oleh platina.

5. Besi

Logam penghantar listrik selanjutnya adalah besi. Ia menjadi salah satu logam yang umum kita temui sehari-hari. Ada banyak keuntungan dalam menggunakan logam yang satu ini. Salah satu contohnya adalah kemudahannya dalam dimodifikasi, selain itu ia juga memiliki harga yang relatif terjangkau. Tak heran jika kemudian banyak yang memilih menggunakan logam untuk berbagai kebutuhan.

Ada banyak logam yang dapat digunakan menghantar listrik. Ingat untuk memilih logam yang tepat untuk diterapkan dalam peralatan rumah yang berfungsi menghantarkan listrik. Pihak kontraktor listrik yang terpercaya pasti mengerti logam yang tepat sesuai dengan kebutuhan penggunanya.