Menambah ruangan bawah tanah berarti merencanakan pembangunan basement, dan ruangan ini dibuat berbeda dengan ruangan lainnya. Area dalam tanah cenderung dingin dimusim tertentu dan bisa panas dimusim lainnya. Tantangan dalam merancang ruangan seperti ini perlu jasa kontraktor untuk dapat memberikan rekomendasi yang tepat agar ruangan bisa nyaman ditinggali. Umumnya mereka akan menyarankan untuk menyewa jasa waterproofing Jakarta sebagai salah satu proses dalam membangunnya.

Trik Membuat Basement Rumah yang Nyaman

Trik Membuat Basement Rumah yang Nyaman

Ada 2 jenis basement untuk rumah yang bisa anda pilih. Anda bisa memilih basement yang tertutup sepenuhnya dan tidak ada bukaan sama sekali atau memilih basement yang semi terbuka dengan memberikan jendela atau ventilasi kebagian luar rumah. Tentu akan lebih nyaman bila ada bagian basement yang bisa dibuka dan tutup untuk sirkulasi udara atau pergantian udara alami. Berikut ini akan kami berikan beberapa informasi tentang trik membuat basement yang nyaman untuk ditempati.

1. Memastikan Lantai Tidak Akan Bocor

Bagian lantai untuk area bawah tanah yang lembab akan lebih pas kalau pakai lapisan beton, hal itu bisa dilakukan agar dapat memastikan tidak ada kebocoran dari bagian lantai, terutama bila ada keretakan. Anda bisa menggunakan jasa waterproofing membrane untuk melapisi lantai dan memberikan perlindungan anti air. Tentu agar hasilnya maksimal, cukup memanggil jasa profesional agar benar-benar tidak ada kesalahan dalam pelapisan.

2. Bantuan Sirkulasi Udara

Membuat ruang dibawah tanah, sangat menitik beratkan pada pembuatan sirkulasi udara. Terutama bila bangunan tertutup sepenuhnya, karena tetap harus ada bantuan untuk membuat udara dalam ruang bawah tanah tidak pengap dan bahkan dapat digunakan sebagai ruangan tambahan. Memasang AC, atau exhaust fan memberikan bantuan agar ruangan layak ditempati walau berada didalam tanah.

3. Lapisan Untuk Dinding

Bagian yang perlu diperhatikan pada ruangan basement bukan hanya lantai, namun juga dinding. Oleh karena itu dinding pun rentan bocor atau ada tanda rembesan air dikarenakan tanah sekitarnya yang lembab. Hindari munculnya jamur dan bau tidak sedap dengan memberikan cat lapisan anti jamur dan juga anti air. Jadi selain memanggil jasa waterproofing Jakarta untuk mengerjakan lantai, bisa juga dilakukan lapisan yang sama pada dinding.

4. Pencahayaan maksimal

Kalau basement ada kaca atau jendela, maka dibuka sesekali untuk mendapatkan penerangan alami. Namun, bila tidak ada bisa menempatkan beberapa lampu di sudut-sudut ruangan agar ruangan terang dan bisa dengan nyaman ditempati. Dengan meletakan beberapa lampu maka, tingkat penerangan bisa diatur.

5. Pilihan Perabotan

Perabotan dalam ruang bawah tanahpun perlu dipilih dengan seksama, karena berada dalam ruangan yang cenderung lembab dapat memengaruhi kualitas furniture. Menggunakan perabotan dari besi dapat bertahan lebih lama. Memberikan lapisan anti jamur dan air pada perabotan dapat melindunginya dari suasana lembab diruangan.

itulah beberapa trik yang dapat digunakan untuk membuat ruangan basement menjadi nyaman, baik dengan pelapisan anti air dengan menggunakan jasa waterproofing membrane ataupun penambahan penerangan ekstra. Dengan pembuatan yang seksama dan perawatan yang baik maka basement layak ditempat untuk waktu yang lama.