Energi listrik adalah salah satu kebutuhan yang sangat penting.  Listrik juga termasuk dalam jenis sumber daya ekonomis yang dibutuhkan untuk segala aktivitas.  Semakin berkembang kehidupan, kebutuhan akan energi listrik semakin tinggi.  Demikian juga halnya dengan dunia industri, baik dalam rumah produksi maupun perkantoran.

Meski telah menggunakan jasa kontraktor mekanikal elektrikal, sebaiknya Anda juga mempelajari hal-hal apa yang harus diperhatikan agar dapat menghitung kebutuhan listrik kantor dengan tepat.  Hasil perhitungan nantinya bisa dijadikan perbandingan dan mengawasi kinerja kontraktor yang Anda gunakan jasanya.  Berikut ini hal-hal yang harus Anda perhatikan:

Buat Inventaris Alat dan Hitung Total Kebutuhan Daya

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah catat jenis alat apa saja yang ada di kantor. Jangan lupa catat daya yang dibutuhkan oleh masing-masing alat.  Buatlah tabel inventaris yang berisi jenis alat, besaran daya, dan kuantitas alat.  Agar lebih mudah, mulailah dari alat-alat kecil di sekitar Anda, seperti lampu, AC, komputer, dan lain-lain.

Selanjutnya, mulai hitung besaran daya yang dibutuhkan oleh setiap alat.  Keterangan ini biasanya tercantum di keterangan spesifikasi alat.  Tiap besaran daya kalikan dengan kuantitas (jumlah alat).  Misalnya jika tersedia komputer 10 buah, maka besaran daya per komputer dikalikan dengan 10.  Setelah selesai mengisi data tersebut.  Kalkulasikan seluruh daya yang dibutuhkan.

3 orang lagi bekerja

Mencatat Waktu Pemakaian Alat

Waktu pemakaian alat bisa Anda perkirakan sesuai dengan jumlah jam kerja aktif.  Gedung perkantoran aktif hanya pada siang hari, berbeda dengan gedung industri bagian produksi.  Ingat bahwa ada hari libur dimana tidak ada pemakaian listrik sama sekali.

Hal lain yang harus ditambahkan adalah pencatatan beban puncak pemakaian listrik.  Misalnya untuk menghitung kebutuhan daya AC, digunakan hampir sepanjang hari pukul 08.00-18.00.  Anda harus tahu jam-jam dimana beban pemakaian tertinggi, biasanya terjadi pada sore hari hingga menjelang malam.  Konsultasikan hal ini pada kontraktor mekanikal elektrikal yang Anda gunakan ya.

Menghitung Total Semua Faktor

Setelah menyelesaikan dua tahapan sebelumnya, Anda dapat mulai menghitung kebutuhan listrik kantor.  Kalkulasikan kebutuhan daya tiap alat, kalikan dengan jumlah alat, lalu totalkan secara keseluruhan.

Meski rumit dan memerlukan kecermatan tinggi, Anda akan merasa tenang karena telah memiliki perkiraan kebutuham listrik di kantor. Saat kontraktor mekanikal elektrikal datang, Anda telah memiliki persiapan untuk mengawasi kerja mereka.

Orang sedang Menghitung

Tentukan Jenis Besaran Daya Listrik Terbaik

Besaran daya listrik sangat berpengaruh pada kinerja alat-alat yang ada di dalam kantor.  Untuk rumah hunian misalnya,  jika besaran daya yang digunakan besar/tinggi, sebuah rice cooker mampu menanak nasi hanya dalam waktu 30 menit.  Sebaliknya, Anda memerlukan waktu hampir dua jam memasak dengan rice cooker tersebut jika besaran daya yang digunakan rendah.

Untuk memutuskan jenis besaran daya apa yang akan Anda pakai harus dikonsultasikan kepada kontraktor MEKarena akan berbeda kebutuhan kantor yang menggunakan sistem mekanik ataupun elektrikal gedung.  Jenis-jenis alat yang digunakan pun akan berbeda, cenderung alat yang berspek rendah.

Bila Anda kesulitan menghitung kebutuhan listrik kantor, jangan segan untuk bertanya pada kontraktor mekanikal elektrikal ataupun sosok ahli dalam dunia listrik.  Mereka juga akan lebih memahami sistem apa yang sebaiknya Anda pakai.  Perhitungan kebutuhan listrik kantor dapat digunakan untuk menghitung kembali biaya modal.  Anda juga dapat mengantisipasi pengeluaran belanja listrik yang membengkak.