Kusen merupakan suatu bagian dari konstruksi berbentuk bingkai yang dibuat untuk meletakkan daun pintu agar terpasang dengan baik. Sama seperti bagian konstruksi lainnya, pembuatan daun pintu merupakan sebuah investasi jangka panjang.

Artinya kusen pintu tak hanya digunakan satu hingga dua tahun saja, melainkan sampai puluhan tahun. Nah oleh karena itu, pemilihan kusen tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan. Jika anda salah memilih, maka anda tidak bisa merasakan fungsi kusen tersebut dengan maksimal.

Untuk membantu anda agar tidak salah memilih kusen, berikut kami telah menyiapkan tips mengenai cara memilih kusen yang tepat. Nah daripada anda penasaran, lebih baik kita langsung saja baca ulasannya berikut ini!

Tips Cara Memilih Kusen Yang Bagus dan Tepat

Kusen pintu dibutuhkan baik di bagian dalam maupun luar suatu bangunan. Selain berfungsi agar pintu dapat terpasang dengan kuat, kusen juga dapat mempengaruhi penampilan bangunan. Oleh karena fungsi kusen ini sangatlah penting, maka anda tidak boleh hingga salah memilih. Ikutilah tips berikut untuk mendapatkan kusen yang tepat.

1. Pertimbangkan bahan material kusen

 

Ada beberapa jenis bahan yang biasanya dipakai untuk membuat kusen. Di antaranya yaitu seperti kayu solid dan uPVC. Kusen yang terbuat dari bahan kayu solid seperti kayu meranti, jati, ataupun kamper memiliki visual yang indah dengan nilai estetika yang tinggi.  Biasanya jenis kusen ini digunakan pada hunian baru.

Saat memilih kusen dari kayu, perhatikanlah warna kambium kayu. Pilihlah kayu dengan kambium kering dan serat alaminya yang indah. Selanjutnya berbicara mengenai kusen uPVC, kusen ini memiliki karakteristik kuat dan awet.

Biasanya jenis kusen ini dipasang di pabrik atau gedung perkantoran. Dari kedua jenis bahan material pembuat kusen tersebut, pilihlah bahan yang paling sesuai dengan kebutuhan anda

2. Perhatikan bentuk dan model kusen

 

Untuk mendapatkan fungsi kusen sebagai penambah keindahan bangunan, anda harus memperhatikan model dan bentuknya. Sesuaikanlah kedua aspek tersebut dengan karakter atau desain gaya bangunan anda.

3. Pilih warna kusen yang cocok

 

Pemilihan warna kusen sebaiknya disesuaikan dengan warna cat dinding, ataupun warna pintu. Selain itu, anda juga bisa memilih warna kusen berdasarkan dengan konsep desain bangunan. Misalnya untuk bangunan bergaya minimalis, sebaiknya anda memilih warna kusen yang netral.

Baca juga: Penggunaan GRC Board yang Punya Banyak Sekali Manfaat, Yuk Kita Lihat Apa Saja!

Contohnya yaitu seperti warna cokelat, krem, hitam, atau putih. Sedangkan, jika konsep bangunan anda cenderung bergaya modern, anda bisa memilih warna kusen yang cerah.

4. Pastikan ukuran kusen sesuai dengan ukuran daun pintu

 

ukuran daun pintu

Sebagus apapun material bahan, bentuk, model, dan warna kusen yang anda pilih, akan percuma bila ukurannya tidak pas dengan pintu yang akan anda pasang. Nah oleh karena itu sebelum anda memesan atau membeli kusen, sebaiknya sesuaikan terlebih dahulu dengan ukuran daun pintu yang akan dipasanginya.

Hal ini sangat penting agar fungsi utama kusen sebagai tempat pemasangan pintu dapat terpenuhi dengan maksimal. Ukuran kusen tidak hanya harus disesuaikan dengan ukuran pintu. Namun juga harus disesuaikan dengan bangunan ataupun elemen yang ada dalam bangunan. Pilihlah ukuran kusen yang pas dan seimbang. Jangan terlihat terlalu besar maupun terlalu kecil.

Nah itulah tips seputar cara pemilihan kusen pintu yang bagus, tepat, dan sesuai dengan kebutuhan anda. Bagi anda yang membutuhkan kusen dari uPVC, anda bisa langsung mengunjungi toko material terdekat yang banyak menyediakan model dan harga kusen uPVC. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga anda pun dapat segera mendapatkan kusen pintu terbaik versi anda!