Jenis dan Fungsi dari Kaca Tempered yang Perlu Anda Ketahui

Anda yang ingin membangun atau menata ulang rumah Anda, mungkin sedang berpikir untuk mengganti beberapa kaca rumah Anda dengan yang baru. Salah satu jenis kaca dengan kualitas yang baik adalah kaca tempered. Jenis kaca ini sangat kuat dan bagus untuk dipasang pada kamar mandi rumah Anda. Dalam artikel ini akan dibahas jenis dari kaca jenis tempered beserta fungsinya. Berikut ini penjelasannya

1. Jenis Kaca

Kaca jenis tempered merupakan kaca yang dibuat dengan proses yang berbeda dari jenis kaca pada umumnya. Proses awal dari kaca ini adalah pengerasan yang dilakukan dengan metode pemanasan di lanjut dengan pendinginan.

Metode pemanasannya juga tak main-main kaca ini akan dipanaskan dalam suhu 700 derajat celcius. Proses pemanasan dalam suhu tinggi ini disebut juga dengan nama tempering process. Usai kaca dipanaskan dengan suhu tinggi kaca akan didinginkan dalam suhu udara. Proses pendinginan permukaan kaca akan membuat kaca makin tebal dan kuat.

Jenis kaca ini sebenarnya tidak berdasar bentuk atau bahan. Kaca ini merupakan satu jenis kaca dari banyak jenis kaca lainnya.  Jenis kaca ini hanya dibagi berdasar ukuran ketebalan yang berbeda. Ada kaca tempered 12mm, 8mm, 10mm, 5mm, 6mm, dan ukuran ketebalan lainnya.

Kaca ini sangat kuat dibandingkan jenis kaca lainnya. Akan tetapi, jika tergores kaca ini akan pecah terutama jika goresan yang terjadi pada permukaan kaca cukup dalam. Kadang kala goresan yang terjadi tidak langsung membuat kaca pecah. Butuh beberapa waktu sampai goresan tersebut menyebabkan kaca benar-benar pecah.

Sama halnya dengan goresan. Retakan sekecil apapun dapat menimbulkan kerusakan pada kaca. Retakan kecil yang secara perlahan mengurangi ketahanan dan kekuatan kaca. Sampai pada akhirnya kaca akan pecah. Oleh karena itu, Anda perlu untuk memeriksa keadaan kaca jenis tempered yang Anda punya untuk mengetahui ada tidaknya goresan atau retakan.

Kaca tempered glass mempunyai keseimbangan yang cukup baik. Ini berarti kaca ini punya daya tekan serta daya tarik yang baik. Anda sebaiknya tidak melakukan perubahan bentuk pada kaca dengan cara melakukan pemotongan dan tindakan pembentukan lainnya. Sebab, tindakan tersebut dapat mengurangi kekuatan kaca. Akan lebih baik lagi bagi Anda untuk menentukan dimensi serta spesifikasi yang memang Anda inginkan sejak awal pemesanan atau pembelian.

Kaca tempered ini tidak membutuhkan perawatan yang susah. Anda bisa merawatnya selayaknya jenis kaca pada umumnya. Anda hanya perlu memakai sabun pembersih kaca kemudian menggunakan lap untuk membersihkan seluruh permukaan.

 

2. Fungsi Kaca Jenis Ini

Walaupun nama kaca bahan tempered sedikit asing di telinga Anda. Sebenarnya Anda sudah sering menjumpai kaca ini di berbagai tempat. Kaca ini dapat di pakai sebagai pintu bebas rangka karena sangat kokoh. Anda mungkin tidak menyadari, tetapi kaca tempered kamar mandi sering digunakan di kamar mandi hotel atau rumah.

Kaca ini juga sering dipakai untuk kaca-kaca di gedung perkantoran maupun apartemen. Soalnya, kaca ini punya kekuatan yang bagus dan tidak mudah rusak jika mendapat tekanan. Anda dapat pula menjumpai pemakaian kaca ini pada escalator, lift, batas tangga, sampai furnitur berbahan kaca.

Kaca tempered merupakan salah satu jenis kaca. Kaca dibagi dalam beberapa jenis ukuran ketebalan yang berbeda-beda. Kaca ini sangat kuat dan tahan lama, selama tidak mengalami goresan atau retakan. Anda yang ingin merenovasi rumah, bisa menggunakan kaca ini sebagai kaca untuk kamar mandi. Selain itu, masih banyak lagi fungsi dari kaca ini.